Jenis Status Facebook yang dapat menimbulkan Kejahatan

Sebagaimana kita tahu bahwa Facebook merupakan Jejaring sosial paling besar dan ramai saat ini, dari nama facebook kita sudah tahu betapa berpotensinya kita mencari kenalan dan chatting dengan berbagai orang yang kadang juga kita tidak kenal, maka dari itu terkadang kita bisa saja lepas kendali diri dan bahakan bisa merugikan diri kita sendiri.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari Facebook, diantaranya kita bisa berkenalan dengan orang, bermain game, becanda dengan teman, upload foto dan video serta masih banyak lainya yang tentunya anda juga sudah tahu dan merasakan manfaatnya, namun tidak semua itu akan berjalan dengan baik, seperti yang kita ketahu tidak jarang dari facebook merupakan sumber dari kejahatan, disini saya tidak menyalahkan Facebook itu sendiri melainkan kembali kepada diri kita,kita yang menggunakan kita yang merasakan.

Baca Juga : 9 Jenis Status yang seharusnya tidak ada di Sosial Media

Di facebook terdapat sebuah fitur untuk anda berbagai fikiran bersama teman anda yaitu status yang bisa anda tulis sendiri, namun banyak dari status tersebut disalah gunakan seperti penghinaan, pencemaran nama baik dan bahkan bisa mengakibatkan tindak kriminal, nah kali ini Suingkat.id akan membagikan  ulasan tentang Status yang Berpotensi menyebabkan kejahatan.


1. Selalu update tempat yang dikunjungi

Pingin eksis di Facebook atau di jejaring sosial lainya dengan selalu update dan tak jarang mengunggah foto diamanapun anda berada, mau itu di sudut kota atau di desa terpencil, sebaiknya anda harus menghindari ini dikarenakan bisa saja orang yang berniat buruk melakukan kejahatan terhadap anda, contoh saja misal anda mengunjugi suatu tempat X dan langsung mengunggah foto anda di tempat X tersebut di waktu yang sama ada segerombolan orang tidak bertanggung jawab melihat postingan anda lalu mendatangi dan melakukan tindakan kriminal terhadap anda, ditambah lagi anda berada di tempat yang jauh dari keramaian, siapa yang akan rugi anda atau pihak Facebook sebagai tempat anda mengupload gambar?
jadi sebaiknya anda kalau bepergian simpanlah foto tersebut, setelah pulang lalu anda upload atau barulah update status jika anda sudah berada dirumah “Bro gue kemaren ke tempat X pemandangannya keren ” .

2. Membedakan data Publik dan data Pribadi mana yang seharusnya di Share

Ini yang terkadang serimng terjadi pada anak muda jaman sekarang, mereka belum bisa membedakan hal yang seharusnya di bagikan ke Facebook dan yang seharus tidak di publikasikan, ini kembali ke pribadi masing-masing apakah anda memilih data diri seperti data pribadi Aktakeluarga atau lainya itu anda unggah ke facebook? atau menyimpannya untuk pribadi? betapa bahaya jika data diri anda bisa ter expose ke facebook di karenakan kita tidak tahu siapa saja yang melihat data diri kita? bisa saja data diri kita digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, siapakah yang rugi? anda atau pihak Facebook?

3. Mengeluh dan Menghina di Facebook

Memang rasanya kesal juga ketika kita tidak mendapat pelayanan yang kurang puas atau tidak semestinya dari pihak instasi terkait seperti direstoran yang kita makan ternyata makanannya gak sesuai harga atau ada kurang berkenan, kita punya hak untuk mengajukan keluhan namun dengan cara yang tepat, tidak lah perlu dengan langsung membicarakan di tempat, apalagi sampai menulis status di facebook tentang keluhan kita bahkan di bubuhi kalimat penghinaan, meski memang pihak yang kita keluhkan memberikan pelayanan yang bisa dikatak buruk namun dia juga bisa menuntut anda jika anda tidak mengajukan keluhan yang tepat, jadi seharusnya anda sampaikan baik-baik keluhan anda secara langsung atau dengan surat secara baik, maka mereka akan merasa hormat dan meminta maaf dengan baik.

4. Mengumbar Kejelekan orang lain

Masih sama dengan poin yang nomer 3, jika anda merasa tidak senang terhadap orang lain sebaiknya tegurlah orang tersebut secara baik, berikan masukan yang bisa mendorongnya berbuat lebih baik maka anda akan disukai oleh dia atau bahkan rekan-rekannya juga, janganlah anda menulis tentang kejelekan orang tersebut di Facebook karena bisa saja orang tersebut tidak terima dan melaporkan anda ke pihak yang berwajib sebagai pencemaran nama baik, kan malah jadi rumit, banyak kasus pembunuhan yang berasal dari status facebook karena tidak terima di jelek-jelekan di facebook.

6.  Saran Pribadi yang belum tentu baik

Memberikan saran itu boleh bahkan harus namun janganlah memberikan saran terhadap seseorang atau pihak tertentu lewat update status facebook, karena bisa saja mereka menganggap saran anda adalah penghinaan terhadap mereka anda bisa di tuntut dalam hal ini, maka dari itu sebaiknya berikan saran secara pribadi maka mereka akan lebih senang dan lebih menghargai anda.

ok itu adalah ulasan singkat mengenai status Facebook, Berbuat Bijaklah dalam menggunakan suatau layanan yang bersifat publik, karena kita tidak tahu pemikiran orang lain terhadap kita, maka dari itu anda yang bisa menilai siapakah yang dirugikan jika anda menulis status facebook secara tidak baik, anda atau pihak facebooknya?

sekian artikel ini ditulis oleh Suingkat.id mohon dibagikan kepada rekan anda supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

You May Also Like

About the Author: deni

Hanya orang yang suka Membaca, Berselanjar di Internet, Menyukai makanan Berkuah atau Sup dan tidak suka dengan Keramaian, Sangat Hobi dengan aktivitas Luar Ruangan Seprti mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *