7 Cara Cepat Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah yang merupakan bahan bakar dalam tubuh, berfungsi sebagai energi untuk mendukung kinerja otak, sistem saraf serta organ tubuh lainnya. Gula darah ini diperoleh dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti karbohidrat, lemak dan protein. Agar tubuh kita ‘beroperasi’ dengan baik dan sehat, maka kadar gula darah dalam tubuh haruslah dijaga agar tidak terlalu rendah, ataupun terlalu tinggi. Dengan kadar gula darah yang normal, kinerja organ tubuh kita pun akan bekerja secara baik karena kebutuhan sumber energi tubuh terpenuhi. 

Lantas, bagaimana jika kadar gula dalam darah terlanjur tinggi (hiperglimekia)? Ya harus segera diturunkan kadar gula darahnya. Pasalnya, tingginya kadar gula darah bisa menjadi bumerang—jadi racun yang dapat memicu rusaknya organ dalam tubuh seperti kerusakan saraf bahkan bisa membuat organ ginjal tidak berfungsi. Resiko terkena penyakit stroke, jantung bahkan berujung kematian pun membayangi. 

Seseorang dengan kadar gula darah tinggi bisa didiagnosis mengidap diabetes, di mana si penderita diabetes ini tubuhnya kesulitan mengontrol atau menyeimbangkan kadar gula darahnya. Penyebab utamanya seseorang menderita diabetes dikarenakan oleh gaya hidup juga kadar hormon insulin (hormon yang berfungsi mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan sel-sel tubuh). Menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga bisa menjauhkan kita dari penyakit diabetes dan penyakit-penyakit serius lainnya akibat kadar gula darah yang melonjak. 

JIka ditanya, cara cepat menurunkan kadar gula darah yang meninggi? Ada beberapa resep atau tips alami yang bisa dicoba.
 

Konsumsi daun kemangi

Rutin mengkonsumsi beberapa lembar daun kemangi tiap hari, dapat menurunkan kadar gula darah berlebih. Itu karena, pada daun kemangi terdapat zat antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan minyak esensialnya juga dapat membuat tubuh memproduksi caryophyllene, eugenol dan metal eugenol. Daun kemangi yang rutin dikonsumsi mampu membantu kinerja sel-sel pankreas jadi makin optimal yang dapat merangsang meningkatnya produksi insulin. 

Konsumsi 2-3 lembar daun kemangi tiap hari agar kadar gula darah yang naik kembali normal. Bisa juga diolah menjadi jus daun kemangi. Minum jusnya sebanyak satu sendok makan di saat perut belum terisi makanan.  

Manfaatkan daun kelor

Sebagai jenis tanaman obat yang banyak khasiatnya, daun kelor bisa menurunkan kadar gula darah tinggi secara cepat. Kandungan pada daun kelor memperlambat proses pemecahan makanan sehinga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, yang juga berefek pada penyerapan glukosa pada makanan yang kita konsumsi, jadi lebih sedikit. 

Untuk mendapatkan khasiat dari daun kelor ini: siapkan sejumlah daun kelor yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumbuk halus untuk mengeluarkan ekstraknya. Konsumsi rutin olahan daun kelornya sebanyak ¼ cangkir setiap hari saat perut dalam keadaan kosong di pagi hari. hingga kadar gula darah kembali stabil.

Bawang putih

Bawang putih, si bumbu dapur ini tidak hanya sekedar penyedap makanan tapi bisa membantu menurunkan kadar gula darah tinggi dengan cepat dan pastinya aman bagi penderita diabetes. Konsumsilah ½ suing bawang putih setiap hari, atau bisa juga memperbanyak porsi bawang putihnya di setiap masakan yang akan dimakan. 

Minum teh hijau

Untuk menurunkan kadar gula darah ke batas normal, minumlah secangkir teh hijau di pagi sebelum makan dan malam hari secara rutin. Teh hijau amat kaya akan antioksidan dan hipoglikemik. Keduanya mengendalikan proses pelepasan kadar gula dalam darah, dengan begitu produksi insulin akan normal kembali dan kadar gula darah pun turun ke batas normal.  
 

Lidah buaya

Lidah buaya bisa jadi obat alami bagi penderita diabetes. Lidah buaya mengandung pitosterol yang bersifat anti-hiperglikemia yang pas bagi seseorang berpenyakit diabetes tipe 2 (diabetes yang dipicu akibat pola hidup tidak sehat, obesitas, merokok dan lainnya). 

Caranya cukup simpel, yaitu campurkan gel lidah buaya dengan kunyit dan daun salam. Dengan takaran: 1 sdm gel lidah buaya dan 1 ½ sdm kunyit dan selembar daun salam. 

Makan ketan hitam

Mengandung antioksidan tinggi juga bersifat anti-inflamasi, ketan hitam tak hanya mampu menurunkan gula darah tapi juga bisa mencegah anemia, kerusakan sel hati, tumor, bahkan Alzheimer. 

Ambillah 2-3 sendok ketan hitam, kemudian diseduh dalam gelas hingga penuh. Tutup seduhan ketan hitamnya dan tunggu hingga dingin kurang lebih sejam. Nah, minum air seduhannya di jam 8 pagi, siang di jam 12 dan sore di jam 4. Seduhan ketan hitam tadi bisa digunakan lagi sebanyak 2 kali. 

Manfaatkan pare

Vitamin B kompleks, vitamin C, flavonoid dan asam folat pada pare; sangatlah baik untuk diandalkan sebagai penurun kadar gula darah yang sedang tinggi-tingginya. Lonjakan insulin dapat dicegah secara alami dengan mengkonsumi pare. Kandungan charntin yang cukup tinggi di pare mampu mengobati diabetes. 

Siapkan potongan pare sebanyak 200 gram untuk direbus dengan 2 gelas air bersih. Rebus hingga menyisakan air segelas saja. Minum air rebusan pare ini secara rutin tanpa bolong agar penurunan kadar gula darahnya lebih efektif.    

Kondisi kadar gula darah yang tinggi bisa sangat membahayakan bagi yang mengalaminya jika tidak segera ditangani. Dan bagi penderita diabetes sendiri, menurunkan kadar gula darah bisa jadi tak semudah yang dibayangkan. Hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan rajin olahraga agar tubuh tetap bugar, akan menghindarkan kita dari melonjaknya kadar gula dalam darah. Ingat-ingat juga untuk memeriksakan kada glukosa secara berkala.  

You May Also Like

About the Author: deni

Hanya orang yang suka Membaca, Berselanjar di Internet, Menyukai makanan Berkuah atau Sup dan tidak suka dengan Keramaian, Sangat Hobi dengan aktivitas Luar Ruangan Seprti mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *