5 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Bicara tentang buah naga, pastinya semua akan teringat dengan warna kulitnya yang merah menyala, meski ada juga yang berwarna kuning. Buah dengan kulit menyerupai sisik kulit naga ini punya nama lain yaitu Pitahaya atau Strawberry Pear, tergolong tanaman jenis kaktus Hylocereus yang berbunga di saat malam hari dan layu di pagi harinya. Untuk info saja, buah naga ini bukan tanaman asli Indonesia melainkan dari Amerika Selatan, tepatnya asli dari Meksiko hingga akhirnya sampai di kawasan Asia Tenggara. Ada 3 varietas dari buah naga: yang berkulit dan berdaging merah, berkulit merah dengan daging putih dan yang paling jarang dijumpai yaitu berkulit dan berdaging kuning. Yang manapun varietasnya, buah naga bisa mendatangkan banyak kebaikan untuk siapa saja yang mengkonsumsinya secara teratur. Menjaga kecantikan adalah salah satu manfaat dari segudang manfaat buah naga. Nah, untuk Anda yang penasaran apa saja manfaat buah naga untuk kecantikan, simak hingga akhir artikel ini. 

Kandungan nutrisi buah naga cukup banyak—vitamin C, kalsium, serat, kalium, zat besi, mineral, fosfor dan masih banyak lainnya—yang semuanya sangat berkhasiat untuk kecantikan. Untuk tahu manfat buah naga untuk kecantikan selengkapnya, lihat di bawah ini. Ada juga langkah-langkah bagaimana pengolahan buah naga sebagai perawatan kecantikan Anda. 

Mencegah Penuaan Dini

 

Garis-garis halus, kulit mulai mengedur serta keriput dan terlihat kusam adalah sebagian tanda-tanda penuaan sekalig masalah kulit wajah yang jadi momok para kaum hawa yang ingin selalu tampil cantik dan mempesona. Proses penuaan ini alami dan pada akhirnya akan dialami semua orang, namun siapa sih yang mau kelihatan tua dari usia sebenarnya alias penuaan dini? Penuaan dini ini dipicu karena serangan radikal bebas yang diterima kulit tiap harinya. Akibatnya, sel-sel kulit jadi rusak.

Untuk mencegah kerusakan sel kulit ini, buah naga bisa jadi solusinya. Pasalnya buah naga terutama yang serba merah, mengandung vitamin E; serta beta karoten; juga sangat kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sekaligus bisa memperlambat proses penuaan dini. Anda hanya perlu teratur mengkonsumsi buah naga agar kulit nantinya akan terlihat muda dan jadi makin halus juga sehat. 

Caranya:
Buatlah pasta buah naga dengan campuran yogurt untuk lulur wajah dari: ½ buah naga dan 1 sdm yogurt. Setelah pasta siap, oleskan merata ke wajah dan leher. Diamkan sekitar 30 menit agar ekstaknya meresap ke pori-pori. Kemudian barulah dibilas menggunakan air hangat lalu keringkan pakai handuk dengan ditepuk-tepuk. Untuk mendapatkan kulit cerah maksimal, Anda bisa luluran dengan pasta buah naga ini seminggu sekali.

Mengobati jerawat 

 

Karena melimpahnya vitamin C di dalam buah naga, si merah ini bisa membantu Anda untuk mengatasi jerawat yang terlanjur bercokol di wajah. 

Caranya:
Siapkan ¼ daging buah naga untuk dilumatkan dengan garpu hingga halus. Langkah berikutnya, ambil bola kapas untuk dicelupkan ujungnya ke pasta buah naga. Oleskan celupannya ke wajah. Tunggu kurang lebih 20 menit atau sampai kering. Lalu bilaslah dengan air hangat sampai bersih dan biarkan kering dengan sendirinya. Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan 2 seminggu sekali supaya kulit benar-benar bebas jerawat. 

BACA JUGA : 7 CARA CEPAT MENURUNKAN KADAR GULA DARAH

Melembabkan dan menghaluskan kulit 

 

Kulit Anda kering? Buah naga punya kadar air yang sangat tinggi hingga 90%, ketimbang buah lain. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan untuk menghindarkan kulit Anda dari dehidrasi. Apalagi si buah naga juga kaya akan vitamin B3 yang dapat melembabkan segala jenis kulit juga mampu menghaluskan kulit kasar.

Caranya simpel, cukup tambahkan buah naga ke dalam menu makananmu sehari-hari agar kulitmu lembab, terhidrasi dan ternutrsi pastinya.

Mengobati luka bakar pada kulit

 

Buah naga yang diblender bersama 1 sdm madu serta sesendok air dari timun, dapat mengurangi rasa perih akibat kulit terbakar. Caranya? Hanya dengan mengoleskan blenderan buah naga dan air timun ini ke kulit yang terasa terbakar. Lakukan proses pengobatan ini  hingga si luka bakar sembuh, dengan aturan pakai: 2 kali sehari. Bahkan jika rutin memakainya, kulit akan nampak cerah. 

Melindungi kulit dari sengatan matahari
Cara untuk melindungi kulit dari sengatan panas matahari menggunakan buah naga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapka air perasan buah naga untuk dioleskan ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar meresap, barulah kemudian dibersikan menggunakan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan tiap kali Anda akan keluar rumah. 

Selain bemanfaat untuk kecantikan, buah naga juga berkhasiat untuk kesehatan Anda. Berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang patut Anda tahu:

Mengatasi susah BAB alias sembelit

Menurunkan gula darah. Berkat kandungan tiol, polifenol, glukosinolat, tocopherol dan karotenoid; buah naga bisa menurunkan kadar gula darah tinggi, sehingga bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.
Dapat menurunkan kolesterol. Hati-hati dengan bahaya kolesterol yang bisa berujung kematian jika kadar kolesterol di dalam darah melebihi normal dan tidak segera ditangani. Kolesterol adalah kandungan senyawa lemak yang diproduksi oleh hati dan sisanya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Jaga asupan makanan dengan memasukkan menu buah naga sebagai kudapan sehat Anda. Mengkonsumsi buah naga secara teratur bisa membantu dalam mengontrol kadar kolesterol. Itu karena si buah naga ini punya banyak kandungan lemak tak jenuh, omega 3 serta asam lemak omega 6 yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan-nya yang tinggi juga jadi formula ampuh untuk melawan kolesterol tinggi Anda. Konsumsi buah naga secara rutin dan hindari makanan berkolesterol tinggi adalah perpaduan sempurna agar kadar kolesterol Anda tidak melonjak. 

Manfaat buah naga untuk kecantikan bahkan juga kesehatan jika disebut satu per satu tak akan ada habisnya. Bagi Anda yang ingin merasakan ampuhnya khasiat buah naga, segera saja praktekkan tips-tips pemanfaatan buah naganya. Selamat mencoba. 

You May Also Like

About the Author: deni

Hanya orang yang suka Membaca, Berselanjar di Internet, Menyukai makanan Berkuah atau Sup dan tidak suka dengan Keramaian, Sangat Hobi dengan aktivitas Luar Ruangan Seprti mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *